Home » » kenapa backlink itu sangat penting

kenapa backlink itu sangat penting

Written By daniar pratama on Monday, July 1, 2013 | 4:14 PM

Selamat sore guys, di hari yang sangat cerah ini saya menyempatkan untuk menulis artikel tentang backilnk, nahh.. langsung saja kita simak ya guys hhe..
Backlink adalah link yang mengarah pada situs web kita dari situs lain. Dengan kata lain, backlink adalah tautan link yang dapat meningkatkan posisi SERP di Google. Jumlah backlink yang dimiliki situs adalah nilai popularitas situs tersebut. Kenapa backlink itu penting? Seperti yang saya tulis diatas, backlink memberikan kekuatan untuk bersaing di posisi SERP Google. Yang pada tahap selanjutnya akan memperkuat kata kunci pada blog anda. 
Selanjutnya, site of popularity atau nilai popuparitas situs akan menentukan nilai penting situs pada posisi halaman hasil pencarian search engine dalam hal ini Google dan kalau situs web tersebut semakin populer maka nilai Google PageRank-nya akan semakin naik atau meningkat. Jadi jelas bila backlink adalah faktor penting yang menentukan Google PageRank.

backlink


Mengapa kita harus belajar tentang backlink?
Saya sendiri juga bingung kenapa ya? Seperti jika kita sedang membaca artikel, pasti kita bertanya"Apakah bermanfaat artikel yang sedang saya baca ini?" Bagaimana dengan pertanyaan berikut "Apakah dengan semakin banyaknya backlink pasti meningkatkan PageRank situs web?" Kalau saya menjawab, belum tentu dan tergantung banyak faktor. Ada beberapa hal yang menjadi penilaian google terhadap kualitas backlink. Saya tidak akan bangga bila blog ini memiliki banyak backlink sampai ratusan bahkan ribuan backlink (kalau memang ada). Mengapa? Saya lebih suka dengan backlink yang berkualitas. Backlink yang berkualitas itu bagaimana? Mari menyamakan persepsi dengan mengacu kepada Google.

Bagaimana backlink yang berkualitas menurut Google
Search engine Google mempertimbangkan isi situs untuk menentukan kualitas sebuah link. Incoming link yang kita miliki berasal dari situs lain dengan content yang sejenis atau berhubungan dengan situs kita diartikan sebagai incoming link yang berkualitas. Bila incoming link berasal dari situs yang tidak berhubungan sama sekali dengan situs kita maka search engine menganggap relevansinya kurang. Semakin besar relevansi incoming link, semakin besar pula kualitasnya di mata search engine Google. Sebagai contoh, jika ada sebuah situs dengan tema Tutorial Blog menerima backlink dari situs dengan tema Tips dan Trik Blogging maka hubungan relevansi situs dianggap berkualitas dan lebih relevan. Namun bila situs tersebut menerima incoming link dari situs dengan tema Resep Masakan Indonesiaatau Technology Handphone dapat dipastikan hubungan backlink situs tersebut tidak relevan. Semakin relevan situs yang memberikan backlink ke situs kita, semakin berkualitas backlink tersebut. Inilah menurut saya backlink yang berkualitas dengan tema yang relevan dan topik yang sejenis atau masih berhubungan dengan situs kita.

Apa sih sebenarnya manfaat backlink?
Di samping backlink berguna untuk menaikkan popularitas situs di search engine, backlink juga  bermanfaat sebagai petunjuk atau jalan bagi pengunjung untuk berkunjung ke situs kita. Jalannya dari mana? Selain dari search engine, tentu pengunjung datang dari situs yang memberikan backlink mengarah ke situs kita.

Bagaimana cara mendapatkan backlink
Bermacam cara yang bisa kita lakukan untuk memperoleh backlink. Misalnya dengan mensubmit situs ke web/blog directory. Submit situs ke berbagai social bookmarking. Memberikan komentar pada situs atau blog yang follow. Lakukan tukaran link atau link exchange dengan blog lain tentu saja tetap dengan mempertimbangkan tema atau topik yang masih berhubungan dan relevan dan sebaiknya bertukaran link dengan situs yang sudah di-index oleh google. Pasang iklan di banyak situs iklan baris gratis di internet dengan pagerank yang lebih tinggi dari situs kita.

Bagaimana cara penempatan backlink yang baik
Backlink akan semakin berkualitas apabila ditempatkan pada posisi yang strategis. Tapi strategis bagi siapa? Sudah tentu strategis bagi situs yang akan menerima backlink dari situs kita. Sederhana saja, bagaimana mungkin situs kita bisa ditemukan orang lain bila backlink ditempatkan pada tempat yang sulit dicari orang? Banyak petunjuk mengarah ke situs kita namun petunjuk tersebut ditempatkan di hutan, bagaimana orang lain bisa menemukan petunjuk tersebut di hutan, sulit bukan? Nah, untuk situs dengan navigasi yang baik, tentu saja hal ini bukanlah suatu masalah. Penempatan link dengan Natural Backlink, apa pula itu? Natural backlink adalah penempatan backlink yang disisipkan di dalam konten atau artikel dan dalam bentuk kalimat sehingga terkesan natural. Selain itu, sebaiknya menggunakan backlink berupa text link daripada banner link. Mengapa? Google membaca text link atau anchor link. Mau backlink yang semakin berkualitas lagi? Lakukan deep linking yaitu natural linking yang lebih fokus pada halaman (web page) tertentu dari situs tersebut. Biasanya ini berupa kalimat rekomendasi atau sumber artikel yang kita dapatkan. If you want to know more about backlink you can read Google Back Links- Webmaster Help.

Contoh menulis kode text link:
<a  href="http://daniarpratama.blogspot.com">Tips and Trick</a>
Hasilnya akan seperti ini Tips and Trick

Backlink Checker Tools
Untuk mengecek backlink situs web blog anda adalah dengan menggunakan jasa cek backlink situs web dari situs-situs di internet secara gratis. Salah satu diantaranya bisa menggunakan Backlink Watch. Backlink Watch memiliki tingkat akurasi yang tinggi dalam mendiagnosa backlink situs kita.

Demikian tadi penjelasan singkat tentang backlink, sebenarnya masih banyak ilmu tentang backlink yang bisa kita pelajari untuk menambah wawasan. Seperti misalnya tentang jenis-jenis backlink. Akan tetapi karena saya juga masih baru belajar jadinya ilmu tentang backlink masih dangkal. Satu hal yang pasti, seorang ahli SEO (Search Engine Optimization) pun harus benar-benar mengerti dan mendalami tentang backlink yang merupakan salah satu faktor penting dalam penentuan Google PageRank. Sampai jumpa pada tutorial yang akan datang dan semoga bermanfaat.


Sumber : Mas Kolis

0 komentar:

Post a Comment

English French German Spain Italian Korean Arabic
Add us on Facebook
Follow us on Twitter
Recommend us on Google Plus
Subscribe me on RSS